Welcome to website maratuatour.com yang manyajikan informasi tentang Paket Tour Ke Maratua Derawan Kakaban Sangalaki Nabucco dan Labuan Cermin yang lengkap dan informatif

Pulau Maratua

Pulau Maratua secara administratif termasuk wilayah kecamatan Maratua yang termasuk dalam Kabupaten Berau Kalimantan Timur.Pulau Maratua Memiliki empat kampung  yaitu 1. Kampung Bohe Silian, 2. Kampung Payung – Payung, 3. Kampung teluk Harapan ( Bohe Bukut ) dan 4. Kampung Teluk ALulu yang pusat pemerintahannya di Teluk Harapan ( Bohe Bukut ). Luas Pulau Maratua memiliki luas daratan sekitar 384,36 km2 dengan memiliki keanekaragaman hayati laut yang tinggi seperti terumbu karang, ikan karang dan padang lamun.

Secara geografis Pulau Maratua terletak di sebelah timur pulau Kalimantan dan debelah utara Tanjung Mangkaliat. Pulau Maratu terdiri dari beberapa gugusan pulau diantaranya Pulau Semut, Pulau Pabahanan, Pulau Andongabu, Pulau Nunukan Besar, Pulau Nunukan Kecil, Pulau Bakungan, Pulau Bulingisan dna Pulau Gusung.

Akses untuk menuju ke Pulau Maratu bisa dijangkau dengan menggunakan sarana transportasi Speedboat dari Pelabuhan Tanjung Batu atau Pelabuhan SDT di Kota Tarakan. Pintu gerbang menuju Pulau Maratua ada dua jalur yaitu melalui Kota Berau dan kota Tarakan. Untuk jalu Kota Berau jika anda berasal dari Surabaya, Bali, Banjarmasi, Makassar dan kota lainnya maka pasti melalui Bandara Sepinggan di Balikpapan dan dilanjutkan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara sekitar 50 menit. Dari bandara Kalimarau Berau perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan minibus avanza atau xenia menuju pelabuhan Tanjung Batu dengan menempuh waktu sekitar 2,5 jam. Dari Pelabuhan Tanjung Batu dilanjutkan perjalanan dengan menggunakan transpotrasi speedboat dengan menempuh waktu sekitar 2 jam.

Untuk pintu gerbang kedua yaitu memelalui jalur kota Tarakan. Jika anda dari Jakarta bisa menggunakan penerbangan langsung yaitu Lion Air pagi dari Jakarta 05.00 win dan tiba di Tarakan jam 08.30 wita. Dari bandara dilanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil ke pelabuhan sekitar 15 menit. Dari Pelabuhan SDF Tarakan dilanjutkan perjalanan laut dengan menggunakna sarana transpotasi speedboat ke Pulau Maratua sekitar 4 jam.